Thoriqoh Shiddiqiyyah

Adalah lembaga otonom di kalangan warga Thoriqoh Shiddiqiyyah yang menangani bidang pendidikan.

YPS didirikan berawal dari terciptanya lambang Thoriqoh Shiddiqiyyah yaitu ketika Bapak Kyai Muchammad Muchtar Mu’thi berziarah ke makam waliyulloh Ali Rohmatulloh, Sunan Ampel Surabaya di hari Jum’at pada tahun 1971M.

Dari terciptanya lambang Thoriqoh Shiddiqiyah tersebut, maka timbul Yayasan Pendidikan Shiddiqiyah di Surabaya pada tanggal 10 April 1973, melalui akta No.137 Notaris Gusti Johan SH, dengan susunan pengurus sebagai berikut :

-   Sunyoto Hasan Ahmad sebagai Ketua Umum,
-   Muhammad Munif sebagai Ketua I,
-   Akhmad Junaidi sebagai Ketua II,
-   Khasan Bukhari sebagai Sekretaris Umum, dibantu Abdul Muin dan Tasrikhul Adib,
-   Suparman sebagai Bendahara dibantu Sukarno.

Struktur kepengurusan dilengkapi pembantu umum yaitu Nurbey Abdulloh, Sukarjo, Wiyoto dan Haji Mustafa Amirrudin.

Adapun Dewan Penasehat YPS terdiri dari 4 orang yaitu : Bapak Kyai Muchammad Muchtar Mu’thi, Bapak Haji Abdul Ghofar Gustaman, Bapak Aminu Robbi, dan Bapak Mansur Sholikhin.

Yayasan Pendidikan Shiddiqiyyah berazaskan Pancasila dan UUD 1945 dengan tujuan :

1. Mendidik dan mengajar setiap anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya agar menjadi manusia yang berjiwa Ke-Tuhanan Yang Maha Esa.

2. Mendidik dan mengajar setiap anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya agar menjadi manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

3. Mendidik dan mengajar setiap anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya agar menjadi manusia yang berbudi luhur, cinta kepada Negara, bangsa Indonesia khususnya dan sesama manusia umumnya.

4. Mendidik dan mengajar setiap anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya agar menjadi manusia yang sadar dan taat menjalankan kewajiban sebagai anggota masyarakat atau warga Negara untuk kepentingan dan kebahagiaan bersama.

5. Membina kesejahteraan pendidikan dan pengajaran dalam arti kata seluas-luasnya.

6. Memupuk rasa  kekeluargaan, kesatuan dan persatuan para anggota khususnya dan masyarakat  pada umumnya. (AD YPS Pasal 3).

 

Untuk mencapai tujuan tersebut Yayasan Pendidikan Shiddiqiyyah melakukan usaha :

1. Mendirikan sekolah-sekolah agama, sekolah-sekolah umum, dan kejuruan, baik di tingkat rendah, menengah maupun tingkat tinggi.

2. Mendirikan perpustakaan, balai pengobatan yang berguna bagi para anggota khususnya  dan masyarakat pada umumnya.

3. Mendirikan asrama-asrama penampungan untuk siswa, anak-anak yatim piatu, anak-anak terlantar, baik terlantar fisik maupun yang terlantar jiwa atau ruhaninya.

4. Mendirikan gedung-gedung tempat ibadah, baik berupa musholla-musholla,  langgar-langgar ataupun masjid-masjid dan lain-lainnya.

5. Mengadakan pengajian-pengajian atau ceramah-ceramah agama baik secara khusus maupun secara umum di tempat-tempat yang dipandang perlu.

Sejak didirikan sampai sekarang (tahun 1428H/2007M), Yayasan Pendidikan Shiddiqiyyah yang berkantor pusat di Wisma Cokro Kembang Shiddiqiyyah Jalan Brigjend. Ketarto 10-A Kav-A-10 Sambong Jombang Jawa Timur, memiliki 58 Cabang di seluruh Indonesia.